Cara Menyukai Pelajaran yang tidak Disukai, Seperti Fisika




Hey hey hey, mata pelajaran apa nih yg kalian suka? pasti jawabannya beda beda, sesuai dengan kemampuan kalian. sebenarnya kita tuh bisa aja menyukai semua mata pelajaran, asalkan pelajaran itu menurut kita mudah dan kita bisa menyelesaikannya, hmm yg kita permasalahin gimana caranya supaya pelajaran itu mudah dan bisa menjadi mata pelajaran yang favorit bagi kita.
Dulu aku paling ga suka banget yang namanya pelajaran Fisika, saolnya menurut  aku tuh pelajaran Fisika, ribet, susah, dan sebagainya, pokoknya ga seru deh. Nah, sekarang aku mau nyoba buat menyukai pelajaran Fisika, aku tau itu pasti ga mudah, tapi aku tetep bakal nyoba. Aku sangat ingin sekali menyukai pelajaran Fisika soalnya aku ingat kata kata guru les ku “ Fisika itu sangat penting, semua pekerjaan pasti menggunakan perhitungan, bahkan jadi tukang gali kubur pun harus bisa Fisika. Nah, buat kalian yang ga suka juga sama pelajaran Fisika, yukk kita sama sama nyoba buat nyuakin mata pelajaran yg satu ini dengan membaca tips tips ini dan mempraktekannya. Nah, berikut tips tipsnya  :

     1.     Tetapkan niat.
Nah, hal pertama yang harus kita lakukan adalah "Meluruskan Niat" dalam belajar Fisika, janganlah kita belajar Fisika hanya untuk mendapatkan nilai yang bagus sebagai syarat lulus mata ujian Fisika. Karena hal ini berarti jika kita telah melewati ujian/test, maka kita akan meninggalkan dan melupakan materi yang telah kita pelajari tersebut. Niatkan belajar Fisika untuk menambah pengetahuan kita.
2. Kenali, pahami lalu Cintai keindahan Fisika.

Hal ini merupakan point yg paling penting dalam belajar Fisika. Akan sangat mudah mempelajari sesuatu jika kita mencintainya terlebih dahulu. Bagaimana mau mencintai Fisika jika kita tidak mengenalnya? maka langkah kedua adalah kita harus mengenal apa itu Fisika, apa fungsi Fisika bagi kehidupan sehari hari. jika kamu sudah mengenalnya, maka kamu akan tahu bahwa Fisika memang sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari, contoh ketika kita menghitung uang jajan kita, maka kita harus menghitungnya menggunakan Fisika bukan? Sungguh tak mungkin kita bisa hidup jauh dari Fisika. Maka Tanamkanlah dalam pikiran kita bahwa Fisika itu sesuatu yang berguna, indah, menarik dan sebagai teka-teki yang menyenangkan untuk dipecahkan. Jika kita telah mencintainya, Semua rumus yang kelihatannya rumit tiba tiba akan menjadi mudah untuk dipelajari
3. Berdoa. Sebelum kita memulai mempelajari Fisika, ada baiknya kita berdoa agar Tuhan memberi kemudahan bagi kita untuk memecahkan setiap persoalan yang terdapat di materi yang kita pelajari. Bukankah Tuhan itu Maha Pintar? Maka mintalah kepada-NYA sedikit kepintaran-NYA agar kita bisa memahami materi yang kita pelajari. Selain itu agar kita tetap konsisten dalam belajar dan gigih dalam berusaha, serta tidak mudah putus asa dalam belajar.


4. Banyak Latihan dan Belajar.
3 hal diatas akan sangat tidak berguna jika ujung ujungnya kamu tidak mengambil langkah untuk segera belajar dan banyak latihan dengan rajin dan KONSISTEN. terkadang ada masanya kita semangat sekali untuk belajar, namun ada juga masa masa ketika malas sekali untuk belajar. Maka disini butuh kedisiplinan serta kekonsistenan dalam mempelajari matematika. Dalam 1 hari Tidak perlu meluangkan terlalu banyak untuk belajar, cukup sedikit waktu namun tetap kontinyu dan konsisten. Matematika adalah ilmu hitung, tentu akan semakin baik belajar ilmu hitung dengan berlatih menghitung dengan rajin. banyakin latihan membahas soal-soal, karena jika kita sudah terbiasa, maka akan mudah bagi kita untuk menyelesaikan soal yang sama dikemudian hari.

Ada 6 tahap cara belajar yang baik:
a. Pahami Materi dengan rumus rumusnya
b. kelompokan rumus rumus yang ada
c. mulai mengerjakan soal-soal yang ada pembahasannya.
d. kerjakan soal tadi tanpa liat pembahasan.
e. kerjakan soal lain yang tipenya sama.
f. Terus berlatih soal-soal yang lain.
g. jangan hanya belajar dari satu buku.
5. Tiada kata "Aku Tak Bisa" dan "Putus Asa".
Putus Asa merupakan penyakit yang paling sering ditemui setiap orang ketika berusaha untuk mendapatkan sesuatu. Ketika kita belajar matematika, hindarilah sejauh mungkin kata putus asa, ketika kita menemukan soal yang rumit,maka segera minta bantuan ke guru matematika atau ke teman yang sudah memahami. s
6. Sabar.
Sabar dalam belajar, sabar dalam memecahkan persoalan, sabar dalam melaksanankan segala sesuatu, orang sabar disayang Tuhan.








Comments
0 Comments

Belum ada komentar untuk "Cara Menyukai Pelajaran yang tidak Disukai, Seperti Fisika"

Post a Comment

Komentar Anda Sangat Berguna Bagi Blog Ini. Silahkan Berkomentar Yang Sopan Dan Memperhatikan Etika Berkomentar

Copyright © 2012 Linggar's Blog | Design by Mas Sugeng Edited By Linggar Maretva | Powered by Blogger